Jumat, 18 Januari 2013

Tekhnik dan Dasar -Dasar Renang


Belajar renang, latihan dasar renang, teknik renang untuk pemula, latihan renang dewasa, gaya-gaya renang, cara bernafas dalam renang, renang gaya bebas, renang gaya kupu-kupu, serta beragam teknik renang lainnya bisa Anda pelajari di halaman ini.
Olahraga renang memang banyak manfaatnya terutama bagi perkembangan tubuh. Mulai dari balita hingga dewasa banyak menyukai jenis olahraga yang satu ini hingga menjadi hobi. Namun jangan kecil hati bagi Anda yang belum bisa menguasai renang. Anda bisa dengan mudah belajar teknik renang yang baik dan tentu dengan ketekunan.

Beberapa langkah berikut bisa Anda praktekan sebagai dasar berlatih renang.
  1. Mulailah dengan kolam yang dangkal. Jangan memilih kolam yang terlalu melebihi tinggi badan Anda, sebagai awal, gunakan saja kolam yang dangkal.
  2. Jangan pernah membuka mulut saat di dalam air.
  3. Latihlah pernafasan terlebih dahulu. Anda bisa melatih nafas Anda dengan beberapa saat tidak bernafas dalam air, hal ini tentu bisa dikira-kira.
  4. Selanjutnya belajar mengapung. Saat belajar mengapung, usahakan badan terapung dalam air dengan menggoyangkan kaki dengan perlahan, dan kaki tidak menyentuh lantai dasar kolam. Konsentrasi, naikan kepala agar tidak masuk dalam air. Fokuskan latihan pada poin ini.
  5. Setelah Anda berhasil mengapung, jangan ragu untuk mencoba renang dari pojok kolam hingga sisi lainnya. Jari tangan harus menutup, dan kibaskan kaki pelan-pelan. Ulangi terus hingga berhasil.
  6. Bila semua langkah diatas sudah Anda kuasai, Sekarang cobalah untuk memiringkan kepala menengok ke arah kanan ketika tangan kanan naik dan praktekan untuk arah kiri juga. Anda akan mendapatkan mulut diatas air, ini adalah sedikit waktu untuk bernafas. Bernafaslah dengan mulut, bukan hidung.

Gerakan kaki

1. Tekukkan dengkul kaki kedalam

2. Kemudian pantulkan (tendang lurus dengan posisi kedua kaki renggang/ terbuka)

Kaki tetap lurus, kemudian rapatkan (pastikan telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan)

4. Ulangi langkah di atas dengan urutan tekuk, tendang, rapatkan, tekuk, tendang, rapatkan.

Gerakan tangan

Tempelkan kedua telapak tangan(seperti hendak bersalaman) dan luruskan di atas kepala
Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri, tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah

3. Luruskan tangan kembali.

4. Dan ulangi dengan urutan luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,

Gerakan kombinasi + mengambil nafas

1. Lakukan gerakan tangan dan kaki secara bergantian.

Untuk mengambil nafas lakukan saat gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, lalu dongakkan kepala keatas sambil mengambil nafas

Tips berenang gaya dada

· Mulialah belajar dengan berpegangan pada pinggir kolam terlebih dahulu, sambil gerakkan kaki seperti di atas. Terus ulangi gerakan kaki, sampai benar-benar lancar.

· Lalu lanjutkan dengan menyeberangi kolam, tetap dengan gerakan kaki seperti teknik diatas. Untuk dapat menyeberangi kolam, Anda dapat berpegang pada tangan teman atau menggunakan ban pelampung. Untuk anak-anak, orang tua / pelatih renang dapat membantu memegang tangan.

· Saat melakukan gerakan kaki, kaki justru seringkali tidak mengapung di atas permukaan air (kaki terlalu ke bawah) hal ini disebabkan karena kepala tidak masuk ke dalam air. Maka, saat berlatih kaki ini lebih baik untuk sekaligus dibarengi dengan berlatih gerakan kepala untuk mengambil nafas nantinya. Latihan dapat dilakukan dengan cara memasukkan kepala ke dalam air selama melakukan gerakan kaki dan menaikkan kepala hanya bila hendak mengambil nafas.

· Jika Anda sudah lancar melakukan gerakan kaki sambil berlatih mengambil nafas, maka mulailah berlatih mengapungkan badan (seperti posisi meluncur) lebih ke tengah kolam. Lalu lakukan gerakan kaki sesuai dengan teknik gaya dada seperti di atas sampai ke pinggir kolam. Lakukan berulang kali sampai benar-benar lancar

· Setelah menguasai gerakan kaki, saatnya Anda mulai belajar menggerakkan tangan. Lakukan tahapan dengan 2 atau 3 kali gerakan kaki, kemudian baru gerakkan tangan sesuai dengan teknik di atas. Kombinasikan gerakan tangan dan kaki, seterusnya sampai benar-benar lancar.

· Bila dirasa cukup lancar, Anda dapat memulai belajar mengambil nafas. Lakukan dengan yakin dimulai ketika tangan bergerak ke samping, maka naikkan kepala sedikit ke atas permukaan air dan langsung ambil nafas. Dan seterusnya, sampai jarak yang Anda inginkan.

· Lakukan tahapan ini dengan mengambil jarak lebih ketengah kolam, terus pelan-pelan semakin ketengah, sampai lancar melakukan gerakan kombinasi selebar kolam.

· Bila gerakan sudah lancar dan jarak tempuh sudah semakin jauh, maka Anda dapat memulai menyempurnakan gerakan gaya dada Anda. gerakan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki, 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas. Sebaiknya, jangkauan tangan jangan terlalu lebar, melainkan agak ke bawah (hal ini memudahkan gerakan dan akan memberikan dorongan yang lebih kuat untuk memudahkan Anda saat mengambil nafas).

Itulah beberapa cara dan tenik yang mungkin bisa bermanfaat untuk pemula yang baru belajar berenang, dan semoga artikel yang saya berikan kali ini bisa bermanfaat untu kita semua. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar